Bagaimana Trik Dan Tips Yang Baik Dalam Bernegosiasi

Kegiatan negosiasi dalam bisnis menjadi hal umum yang nantinya akan membantu dalam mengambil sebuah kesepakatan. Tidak mengherankan jika kemudian kegiatan ini selalu melibatkan banyak orang yang berkepentingan di dalamnya. Biasanya, untuk melakukan sebuah negoisasi akan menghabiskan waktu yang lama ketika masing-masing pihak memiliki pendirian yang kuat demi sebuah keputusan yang saling menguntungkan. Kegiatan negosiasi dalam bisnis pada dasarnya akan menghasilkan sebuah keputusan yang sifatnya win-win-solution. Tentu saja hal ini akan membuat semua pihak yang terlibat di dalamnya merasa puas dan tidak mengherankan jika teknik semacam ini kerap kali digunakan dalam berbagai hal termasuk dalam dunia bisnis. Untuk itu kita harus tau bagaimana trik dalam bernegosiasi yang benar dan baik, berikut tip dalam bernegosiasi

1. Cobalah untuk memahami posisi sekaligus kebutuhan Anda


Salah satu cara dalam melakukan kegiatan negosiasi dalam bisnis adalah dengan memahami kebutuhan dan juga posisi Anda. dari sinilah kemudian Anda harus bisa mempertahankan hal tersebut dengan sekuat-kuatnya. Bahkan, jangan sesekali menyerah ketika Anda belum mendapatkan apa yang memang diinginkan. Namun demikian, hal ini juga tetap merujuk pada rasa menghargai kepentingan pihak lain juga.

2. Pastikan untuk ingat terkait dengan detail kecil yang lain


Tidak kalah penting lainnya, bahwa dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis Anda juga harus tetap mengingat detail kecil yang akan membantu dalam mencapai sebuah tujuan. Jangan sampai detail kecil tersebut terlupakan hingga pada akhirnya akan membuat Anda gagal untuk bisa mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

3. Pelajari dengan baik lawan dari pihak negosiasi


Demi bisa mewujudkan tujuan yang memang ingin dicapai dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis, maka seseorang harus pandai untuk melihat lawan. Cara ini nantinya akan membuat Anda bisa selangkah lebih maju. Jangan lupa pelajari situasi yang ada demi bisa mencapai solusi yang menguntungkan.

4. Memahami adanya rentang jangka


Dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga harus mengetahui kaitannya dengan rentang dampak negosiasi yang akan dicapai, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang. Dengan kata lain, jikalau sebuah negosiasi berdampak pada jangka pendek, maka hal ini akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan jangka panjang.

5. Bersikaplah adil untuk setiap kali bertindak


Ketika sedang melakukan kegiatan negosiasi dalam bisnis, pastikan Anda selalu berusaha untuk menghormati keputusan yang diajukan oleh pihak lawan. Jika Anda mengandalkan keegoisan sekaligus bersikukuh untuk mempertahankan pendapat, nantinya akan membuat kegiatan negosiasi menjadi semakin alot dan berlangsung lebih lama tanpa menghasilkan sebuah keputusan.