Apa Itu Kasbon, Faktor Apa Saja Yang Membuat Karyawan Melakukan Kasbon, Dan Bagaimana Manfaat Memberikan Kasbon Bagi Perusahaan?

Setiap karyawaan pada suatu perusahaan pasti mempunyai kebutuhan yang tidak terduga atau diluar rencana mereka, yang mengakibatkan para karyawan melakukan pinjaman kepada tempat mereka bekerja, hal ini biasa kita sebut dengan kasbon. Pengertian dari kasbon sendiri adalah suatu fasilitas yang disediakan oleh pihak perusahaan kepada para karyawannya untuk mengambil sebagian gaji bulanannya yang akan diterima pada bulan selanjutnya, dimana nantinya gaji karyawan pada bulan berikutnya akan dipotong berdasarkan jumlah kasbon yang telah ia ajukan sebelumnya.

Fasilitas ini memiliki peran yang sangat bermanfaat dan diperlukan oleh setiap karyawan, karena jika nantinya terjadi hal yang dibahas diatas tadi, maka para karyawan bisa melakukan pinjaman kasbon ini untuk menutupi keperluan tersebut. Sehingga, para karyawan nantinya akan terbantu dan produktivitas serta loyalitas mereka terhadap perusahaan juga akan secara otomatis meningkat.

Ada beberapa faktor yang membuat para karyawan melakukan kasbon, antara lain

1. Faktor kebutuhan sekunder


Kenapa faktor kebutuhan menjadi penyebab karyawan melakukan kasbon? mungkin setiap manusia sudah menentukan kebutuhan pokok baik untuk pribadi atau keluarga mereka setiap bulanannya tetapi ada kebutuhan diluar kebutuhan pokok yang harus mereka lengkapi seperti untuk pendidikan, pernikahan, dan lain-lain.

2. Faktor kesehatan dan keselamatan


Setiap manusia pasti tidak ingin mengalami sakit atau kecelakaan, dan ini semua sudah ditentukan dan ditakdirkan oleh tuhan. Karena hal ini banyak karyawan melakukan kasbon dikarenakan mereka tidak tau kapan akan mengalami musibah ini baik ke diri mereka sendiri atau ke keluarga mereka.

3. Faktor kebutuhan pelengkap


Faktor ini mungkin juga menjadi alasan bagi karyawan dalam melakukan kasbon, karena banyak karyawan mempunyai cita-cita untuk berlibur baik dalam negri maupun luar negri atau mempunyai gadget yang sedang trend saat ini atau merenofasi rumah mereka.

Banyak manfaat yang perusahaan dapatkan dari memberikan kasbon kepada karyawannya, antara lain

1. Produtivitas karyawan meningkat


Hal ini terjadi karena para karyawan tidak terbebani lagi dengan pikiran masalah keuangan mereka sehingga mereka dapat fokus bekerja dan sebagai tanda terima kasih mereka pada perusahaan atas bantunya tersebut.

2. Terjadinya loyalitas karyawan terhadap perusahaanya


Karyawan pasti merasa sangat berterima kasih atas bantuan yang yang diberikan oleh perusahaannya sehingga loyalitas mereka pada perusahaan akan meningkat

3.Efisiensi biaya pengelolaan biaya karyawan


Pemberian pinjaman berupa kasbon akan secara tidak langsung mengikat karyawan secara halus. Hal tersebut tidak akan mudah membuat karyawan pergi ke perusahaan lainnya. Dengan menurunnya angka turnover tersebut, maka akan mengurangi beban perusahaan. Karena divisi HR atau Human Resource tidak harus menyiapkan dana yang lebih banyak untuk merekrut karyawan baru yang biasanya akan meningkat pada kuartal tertentu. Selain itu, hal ini pun akan membantu HR dalam merancang berbagai program peningkatan sumber daya manusia yang lebih baik.

Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa pemberian kasbon mampu memberikan keuntungan pada pihak karyawan dan juga perusahaan. Tapi, pemberian kasbon juga harus diperhatikan dengan situasi dan kondisi keuangan perusahaan, agar tidak mengganggu aliran kas perusahaan.